Orang yang Berjiwa Muda Akan Berumur Lebih Panjang?

Administrator 0
Orang yang Berjiwa Muda Akan Berumur Lebih Panjang?

Tua atau muda ternyata hanya soal apa yang kita pikirkan. Jika kita selalu merasa muda, demikian pulalah keadaannya.

Penelitian menunjukkan, orang yang merasa dirinya sudah tua cenderung mati lebih muda dibandingkan dengan orang yang jiwanya selalu merasa muda.

Psikolog mengatakan, persepsi kita terhadap usia adalah cara cepat dan mudah untuk memprediksi usia. Mereka yang merasa lebih muda dibanding usia sebenarnya biasanya adalah orang yang punya gaya hidup sehat dan punya keinginan untuk hidup lebih lama.

Demikian kesimpulan penelitian yang melibatkan 6.500 lansia yang mengambil bagian dalam English Longitudinal Study of Ageing. Para responden diminta untuk menilai berapa usia yang mereka rasakan, kemudian para peneliti akan menganalisis tingkat kematian.

“Penilaian seseorang tentang seberapa tua usia yang mereka rasakan kemungkinan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti sakit dan nyeri, penyakit serius, perasaan kebugaran, jenis kegiatan sosial, dan aktivitas fisik apa yang kita lakukan,” kata Andrew Steptoe, profesor psikologi dari British Heart Foundation.

Ia mengatakan, jiwa muda yang dimiliki seseorang sebenarnya bisa menjadi prediksi usia harapan hidup orang tersebut. Orang yang senantiasa merasa muda biasanya hidup lebih lama.

Sumber : Kompas.com

Leave A Response »